Kamis, 24 Mei 2012

Masjid Agung Gumelem



              


              Kali ini saya akan menceritakan Masjid Agung Gumelem .  Masjid Agung Gumelem berada di dusun kauman dekat Sungai Gumelem
             Masjid Agung Gumelem cukup megah , keberadaan Masjid Jami At Takwa / Yang Se­ring Disebut Masjid Agung Gumelem Kecamatan Su­sukan, Tidak Akan Dilupakan Orang.

                
              Selain berperan besar da­lam pengembangan agama Islam di Banjarnegara, masjid berukuran 12x20m  yang berada di Dusun Kauman me­miliki sejumlah keunikan. Meskipun telah berusia lebih dari 300 tahun dan tiang uta­manya belum pernah di­ganti, namun hingga kini ma­sih berdiri kokoh. 


                 
              Dalam ba­ngunan utama terdapat empat sa­ka guru berpenampang bu­lat, sedangkan di sekelilingnya sa­ka guru terdapat 12 tiang ma­sih belum lapuk dimakan usia. Kesemuanya masih berdiri te­gak pada umpak sebagai alas ber­bentuk bejana atau periuk yang terbuat dari batu andesit.

               Di atas mih­rab terdapat tulisan dengan hu­ruf arab pegon yang ditulis pada usuk. Tulisan serupa juga ter­da­pat di bagian atas pintu utama masjid, Dengan meng­gu­nakan huruf jawa. Sedang arti dari tulisan tersebut belum diketahui.

               Apabila ditinjau dari per­kembangan agama Islam di Gu­melem, mengingat pada za­man pemerintahan Pa­nem­bah­an Senopati yang memerintah di kerajaan Mataram antara ta­huan 1586-1601, maka per­kembangan agama Islam telah ada sebelum abad 16. Se­hing­ga, tidak mustahil bila pada abad tersebut juga telah berdiri sebuah masjid. Diperkirakan, masjid tersebut juga dibangun oleh para wali, bahkan ada yang mengatakan bahwa ber­sa­maan dengan pembangunan masjid Agung Demak.

              Hingga kini masjid tersebut menjadi pusat kegiatan umat Islam, baik dari kalangan pemuda ataupun orang tua. Di samping sebagai tempat melaksanakan lima waktu secara berjama"ah, kegitan pengajian rutin juga dilakukan setiap satu kali dalam seminggu atau selapanan, yakni pada hari Rabu Pon.

0 komentar:

Posting Komentar

Sarana Obrolan